10 Metode Menghafal Al-Quran

Banyak Jalan Menuju Roma, Agaknya pepatah ini bisa kita gunakan dalam menghafal Al-Qur'an. Banyak cara menghafal Al- Qur'an . Berikut beberapa metode


Cara Cepat Menghafal Qur'an ?

1. Menghafal Al Qur'an tanpa Menghafal

Nah, bingungkan? Maksudnya ialah metode ini tidak perlu menghafal dengan susah payah, karena hafalan ini akan lengket sendiri di kepala kita. Bagaimana caranya.

a. Anda harus memiliki mp3 syeikh atau qori yang anda sukai , Misal : Syeikh Mishary Rasyid, Syeikh Sudais, Syeikh Syuraim, atau yang lainnya
b. Setting dalam mp3 tersebut setiap ayat diulang 20 x . Misalnya, Al Baqoroh ayat pertama diulang 10 x , jadi nanti bacaannya alif lam mim sampai 10 x , baru nyambung dzalikal kitab ...  10 x dan seterusnya..  Bagaimana cara membuat setiap ayat bisa berulang seperti itu ?  Sudah banyak aplikasi Android yang memungkinkan untuk mengedit video, apalagi hanya mp3.
c. Ulang ulang saja Mp3 tersebut, baik anda di dalam rumah,lagi main game, lagi belajar, membaca  buku, di dalam mobil, Insya Allah ,  Hafalan tersebut akan datang kepada Anda, tanpa anda yang susah menghafalnya.

Apakah cara ini efektif ? Ya, sangat efektif, bahkan lagu syeikh tersebut akan anda ingat, bukan hanya ayatnya yang anda ingat.
Apakah ada yang berhasil dengan metode ini ? Ada, bahkan banyak sekali, terutama anak anak yang sering kita saksikan di hafizh indonesia acara Rcti itu. mereka diperdengarkan al quran oleh ayahnya pada saat belajar atau bermain di rumah. 

2. Menghafal dengan cara Mengulang

Metode atau cara menghafal Qur'an ini dipraktekkan oleh kebanyakan orang di timur tengah, seperti yaman, dll . Bagaimana Caranya
a. Anda memiliki mushaf yang mudah untuk dibaca ( jangan yang terlalu kecil )
b. Lihat ayat yang akan anda hafal
c. baca ayat itu 40 - 100 kali tanpa menutup mata seperti yang biasanya kita lakukan
d. baca ayat sampai 40 x , walaupun sudah hafal di pengulangan yang ke-10,mata tetap menuju mushaf dan mengulang tanpa menutup mata
d. setelah selesai, baca tanpa melihat ayat 5 kali saja , insya Allah sudah hafal

Kelebihan metode ini , bagi anda yang sukar atau sulit menghafal, metode ini adalah salah satu yang terbaik, karena hanya memerlukan konsistensi dalam mengulang ayat.
Ayat yang anda hafal , Insya Allah akan lebih lama berada dalam ingatan
Kekurangan metode ini ialah tenggorokan anda kering , dan suara agak agak gimana gitu setelah menghafal dngan metode ini . Ya, namanya juga menghafal qur'an. Pasti punya resiko sendiri.

3. Menghafal  dan Mengulang

Cara ini banyak dipraktekkan oleh para santri di indonesia
Cara ini kurang lebih sama dengan cara yang Ke 2, Hanya saja bedanya ialah. tetapi cara ini tidak mengkhususkan berapa kali harus anda Ulang.

4. Metode Menghafal dengan Menulis Al Qur'an
Walaupun jarang dipraktekkan, tetapi teman teman di sekolah saya, sering mempraktekkan cara ini, menurut mereka, hal ini adalah salah satu cara mudah bagi mereka. Caranya dengan Menulis ayat pada sebuah buku atau kertas, lalu mengulang ayat tersebut pada kertas yang kita tulis.

5. Metode menghafal dengan berkelompok
 Metode ini Membutuhkan teman sebagai orang yang membantu kita dalam menghafal, maksudnya ialah, metode ini membutuhkan teman yang sama sama ingin menghafal, agar hafalan lebih mudah untuk diingat . Caranya ?  Buat saja Kelompok antara 3-5 orang. hafal dan ulang setiap ayat 5 - 10 kali pengulangan.

6. Metode Terjemahan
 Anda memahami ayat al qur'an yang akan anda baca, dengan membayangkan dan memikirkan apa arti ayat ini, sehingga sangat Mudah untuk menghafalnya.

7. Metode Jari tangan
 Metode ini cukup sukses, dan diajarkan oleh Ust. Yusuf Mansur kepada para Murid Muridnya. Caranya, setiap anda menghafal al Qur'an, anda cukup menggerakkan jari anda seperti berzikir. Hasilnya, anda nanti akan tau ayat ayat al Qur'an dengan nomornya sekaligus.

8. Metode Ala Para Sahabat
Memahami Makna ayat, memahami asbabun Nuzul, memahami maksud dan tujuan penyampaian ayat, ini adalah metode para sahabat, dan disertai kecintaan kepada Allah dan Rasulnya lebih besar dari mencintai Diri mereka, Umar ibn Khaththab setelah 9 tahun menghafal al baqoroh, meminta izin kepada Rasulullah, apakah layak ia untuk menyambung ke surat ali imran. Semoga Allah merahmati Sahabat sahabat Nabi

9. Metode Menutup
Metode ini saya dapatkan dari guru tahfidz saya, beliau mengatakan tutup baris ayat yang akan diulangi , dengan secarik kertas atau apapun, sehingga ayat akan mudah terbayang di kepala.

10. Metode Mencintai Al Qur'an

 Kalau seseorang cinta Al Qur'an , maka tak butuh metode, tak butuh cara apapun, Al qur'an akan mendatanginya, dan ia pun akan selalu mendatangi al qur'an. Mencintai Adalah sesuatu hal yang mudah diucapkan dan sulit untuk direalisasikan. Dalamnya makna ini sehingga sangat sukar untuk dijelaskan.
Intinya ialah, kalau seseorang ingin berusaha, insya Allah Akan terwujud, sebanyak apapun metode yang saya jelaskan, jika kita tak punya niat dan kesungguhan untuk menghafal, maka sia sia sajalah.
Dan semoga Allah merahmati kita yang membaca, menghafal, memaknai , mengamalkan, serta belajar Al Qur'an . Amin ya Rabbal Alamin

1 Response to "10 Metode Menghafal Al-Quran"

  1. helen destarius ria saputri23 Agustus 2018 pukul 17.07

    ok makasih ya telah memberikan penjelasan Yang cukup menarik

    BalasHapus