Kisah Akhlak Rasul Terhadap Tamunya

Sebelum membaca hendaknya shalawat kepada rasul atau alfatihah khusus kepada Rasulullah, Semoga saja kita menjadi orang yang mendapatkan syafaat di hari yaumil akhir kelak , ataupun dapat bertemu Rasul dalam mimpi atau dalam keadaan terjaga , Amin!

Diriwayatkan bahwa suatu hari ibu Angkat Rasulullah Saw. yang dulunya menyusukannya  yaitu Halimah As-Sa'diyah datang mengunjungi Rasul Saw. 
Melihat ibu angkatnya datang Rasul membentangkan serban beliau dan berkata : " Selamat datang Ibuku !"  Lalu  Wanita itu didudukkan beliau diatas Sorbannya. 
Kemudian Rasul berkata dengan Lemah Lembut : " Mintalah pertolongan untuk siapa saja yang hendak ibu tolong dan apa saja permintaan ibu akan dipenuhi! " 

Ujar Sang Ibuu : Tolonglah Kaumku !  Lalu jawab nabi : Hakku dan hak bani hasyim adalah milik ibu ( Muslim dan bani hasyim siap menuruti ibu, pent. ) Beberapa sahabat nabi yang sedang hadir bersama lalu menjawab " Hak Kami Juga ya Rasulallah! "

Sesudah itu Rasulullah menghadiahi Ibu angkat beliau Seorang pelayan untuknya , dan ditambah lagi ternak yang diberikan Nabi dari Ghanimah perang Hunain. Semua ini diuangkan dengan Menjualnya kepada Usman Bin Affan ra. Dengan harga 100.000 dirham. 
Jika 1 dirham sekarang adalah kisaran Rp3500 maka 100 ribu dirham = 350 Juta Rupiah (Konversi JULI 2016 )

Allahu Akbar , beginilah cara balas jasa Rasul yang mulia kepada Tamu istimewa beliau, ibu angkat yang menyusuinya. Selain menghormatinya beliau juga memberi hadiah.

Kadang kadang Tamu Rasul Datang Sedangkan Rasul Sedang duduk diatas bantal, lalu Rasul melepaskan Bantal itu dari tempat duduknya dan memberikannya kepada Tamunya,dan Jika Tamu itu malu malu dan tidak mau mengambil, Rasul akan terus Mendesak hingga sang tamu mau mendudukinya.

Allahumma Shalli Wabarik Wasallim Tasliman Katsiran 'ala Sayyidina Muhammad Wa'ala Alihi Wa Ash habihi ajma'in.


- Cerita Diambil Dari Kitab ihya Ulumuddin Karya Imam al-Ghozali dengan sedikit penambahan.
Yang Mau Copy sertakan Sumber Agar Berkah

0 Response to "Kisah Akhlak Rasul Terhadap Tamunya"

Posting Komentar