Kisah Abu Bakar dan Umar berselisih

Keutamaan Abu Bakar di Sisi Rasulullah memang tidak diragukan lagi, hal itu juga lah yang membuatnya dipilih menjadi khalifah pengganti setelah rasulullah, Rasulullah sangat mencintai beliau sehingga dalam sebuah hadis disebutkan
 
 Dari Muhammad Bin Jubair bin  Mu'thin dari bapaknya dia berkata, " pernah seorang wanita mendatangi Nabi SAW. kemudian beliau menyuruhnya kembali datang menghadapnya, maka wanita itu bertanya " Bagaimana jika kelak aku datang namun tidak lagi menjumpaimu- seolah olah ia mengisyaratkan setelah Rasulullah wafat, Maka Rasulullah Saw. Bersabda " Jika engkau tidak menjumpaiku , maka datangilah Abu Bakar "

Diriwayatkan dari Abu darda ra.h. " Aku sedang duduk bersama Nabi Saw. Tiba tiba muncullah Abu bakar ra.h sambil menjinjing ujung pakaiannya sehingga terlihat lututnya , maka Nabi Saw. Berkata " Sesungguhnya teman kalian ini ( Abu bakar ) Sedang kesal maka berilah salam atasnya".
Maka Abu Bakar berkata " Wahai Rasulullah, Antara Aku dan Ibnu al khattab terjadi perselisihan, maka aku segera mendatanginya untuk meminta maaf, kumohon padanya agar memaafkanku namun dia enggan menerima permohonanku, karena itu aku datang menghadapmu sekarang."

Rasulullah menjawab" semoga Allah mengampunimu Wahai Abu bakar " Sebanyak 3 Kali " 

Tak lama setelah itu , umar menyesal atas perbuatannya, dan mendatangi rumah Abu Bakar sambil bertanya," Apakah di dalam ada Abu Bakar ?" Namun keluarganya menjawab, Tidak.

Lalu umar segera mendatangi Rasulullah Saw. Sementara wajah Rasulullah terlihat memerah karena marah, hingga Abu Bakar merasa kasihan terhadap Umar dan memohon sambil duduk di atas kedua lututnya ( brsimpuh ) " Wahai Rasulullah Demi Allah sebenarnya akulah yang bersalah - dua kali-"
Maka Rasulullah Berkata
 
Setelah itu Abu bakar tidak pernah disakiti lagi .

Allahumma Shalli 'Ala Habibika sayyidina Muhammad Wa 'ala Alih wa ashhabihi ajmain

Kisah ini diambil dari Kitab " Al Bidayah wan Nihayah " 
Jika hendak di copy sertakan sumber
 

0 Response to "Kisah Abu Bakar dan Umar berselisih"

Posting Komentar